Koba (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan sebanyak 37.500 bibit lada kepada empat kelompok tani di daerah itu.

"Sebanyak 37.500 bibit lada tersebut sudah kami salurkan kepada kelompok tani dengan luas lahan 25 hektare," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Rusli Khaidir di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, bibit yang disalurkan merupakan bibit bersertifikat dari sejumlah penangkar bibit yang tersebar di sejumlah kabupaten di Babel.

"Kelompok yang mendapat bantuan bibit itu adalah mereka yang sudah diverifikasi sehingga dinilai layak mendapat bantuan bibit unggul," katanya.

Ia mengatakan, rata-rata satu kelompok tani mendapatkan bantuan bibit untuk lah seluas enam hektare dengan jumlah bibit 1.600 batang pet hektare.

"Penyaluran bibit gratis kepada kelompok tani ini merupakan program peningkatan produksi dan kualitas lada di daerah ini," katanya.

Ia mengatakan, bibit yang disalurkan itu merupakan bantuan bersumber dari APBD Kabupaten Bangka Tengah untuk petani yang tergabung dalam kelompok.

"Ada sejumlah kelompok yang diverifikasi, namun tahun ini hanya empat kelompok yang layak dibantu yaitu kelompok tani lada Pinang Sebatang, Simpangkatis, Cambai dan Terentang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018