Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengirim sebanyak 17 tenaga relawan ke Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) guna membantu koban gempa di daerah itu.

"Untuk keberangkatan pertama kami mengirim tujuh orang dan sudah berangkat tadi siang. Sementara 10 orang lagi rencananya akan diberangkatkan pada Rabu pekan depan," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Dia mengatakan, pengiriman tenaga relawan ke Lombok merupakan salah satu kegiatan dari program Babel Peduli Lombok yang dicanangkan Pemprov Bangka Belitung.

"Rencananya tenaga relawan yang kami kirim ini akan membantu korban di sana selama satu minggu," ujarnya.

Selain mengirim tenaga relawan, BPBD Babel juga melakukan pengumpulan bantuan untuk korban gempa Lombok dengan pengiriman gratis melalui JNE Pangkalpinang.

"Saat ini yang masih dibutuhkan untuk dikirim ke sana, yaitu terpal, selimut, obat-obatan, perlengkapan balita, makanan balita dan bantuan uang untuk mesjid yang ada di Lombok," katanya.

Ia menyebutkan untuk barang yang sudah terkumpul sampai saat ini, yakni tenda gulung 50 lembar, perlengkapan balita 55 paket, selimut 120 lembar, susu balita umur satu tahun 234 kotak dan susu balita umur tiga tahun 236 kotak.

"Kami telah membuka tiga posko penerima bantuan, yaitu di BPBD Provinsi Babel, Dinsos Provinsi Babel dan kantor JNE Pangkalpinang. Pengumpulan bantuan ini berlaku untuk umum dan akan dihimpun dengan dua sesi keberangkatan, yakni Rabu pekan depan dan akhir Agustus 2018," katanya.

Pewarta: Tri Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018