Belinyu, Kabupaten Bangka (Antaranews Babel)  -  Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 memulai kegiatan Giat Bersama TNI yang pertama, yaitu menerima materi Pertahanan Negara. Pada kesempatan kali ini, materi disampaikan oleh Kapten Laut (P) Eko Jasindo.

Selama 1 Jam, materi dikemas dan disampaikan secara menarik oleh Eko sehingga peserta dibuat tidak bosan dengan materi yang diterima. Hal itu ditunjukkan oleh keaktifan dari peserta saat sesi tanya jawab di penghujung penyampaian materi.

Setelah selesai, Eko menyampaikan pendapatnya terkait kegiatan SMN ini. Eko mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif, karena tidak semua orang khusus nya siswa untuk mengikuti kegiatan SMN ini, apalagi bisa masuk ke dalam instansi TNI.

"Nilai positifnya bahwa siswa dan siswi bosa tahu Indonesia ini luas, jadi bisa menghilangkan ego kedaerahan masing-masing dan itu sebagai potensi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa" pungkas Eko.

Eko juga mengapresiasikan setinggi tingginya untuk program ini. Eko juga berharap agar kedepannya agar bisa ke instansi TNI lainnya seperti Angkatan Darat ataupun Angkatan Udara.

Dalam pemyampaian materi Pertahanan Negara ini, Eko juga merasa bangga dikarenakan peserta dalam mengikuti materi sangat antusias dan para peserta jadi bisa tahu itu merupakan tugas dari TNI. Para peserta pun bisa tahu bahwa siswa sebagai warga negara bertanggungjawab untuk pertahanan negara walaupun sebagai komponen terkecil di struktur organisasi kenegaraan dan sebagai komponen cadangan.

"Karena Faktor - Faktornya banyak baik melalui dari sosial, politik, budaya, apalagi sosial media saat ini yang sudah banyak dikonsumsi oleh adik - adik kita ini. Semua bisa menjadi potensi pertahanan apabila kita mengerti dan bisa mengolahnya" jelas Eko.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018