Toboali (Antaranews Babel) - Kepolisian Resor Bangka Selatan meminta masyarakat setempat untuk mengaktifkan kembali siskamling guna menjaga  kamtibmas tetap kondusif di daerahnya.

"Siskamling merupakan salah satu upaya bersama untuk meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengutamakan pencegahan dan penangkalan ancaman kamtibmas, baik dari dalam maupun luar daerah," kata Kapolres Bangka Selatan, AKBP Aris Sulystiono di Toboali, Rabu.

Menurut dia, meskipun saat ini situasi tetap kondusif, namun seluruh lapisan masyarakat harus tetap bersiap dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas dari dalam dan luar.

"Saya rasa siskamling sangat penting sebagai bentuk antisipasi gangguan kamtibmas di Bangka Selatan dari mulai tingkat desa," katanya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam mengaktifikan siskamling, pihaknya melalui Sat Binmas rutin melaksanakan penyuluhan tentang siskamling kepada masyarakat.

"Ini upaya kami untuk mengajak dan menumbuhkan semangat masyarakat untuk ikut serta menjaga situasi kamtibmas yang ada di wilayahnya," ujarnya.

Ia menambahkan, kehadiran pos kamling di suatu desa harus benar benar dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan yang ada di daerah itu.

"Kami akan terus berupaya menjaga situasi yang ada di wilayah hukum kami tetap kondusif," katanya.

Selain itu, untuk memotivasi masyarakat dalam waktu dekat, pihaknya akan segera melaksanakan lomba siskamling di setiap desa dan kelurahan yang ada di daerah ini.

"Kami harap hal ini dapat memicu semangat warga daerah, khususnya Bangka Selatan, selalu menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing desa dan kelurahan," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018