Sungailiat (Antaranews Babel) - Seluruh personel Bhabinkamtibmas di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diminta meningkatkan pengawasan di daerah rawan kebakaran.

"Saya minta seluruh personel Bhabinkamtibmas terutama yang bertugas di wilayah kawasan banyak hutan untuk meningkatkan pengawasan untuk mencegah terjadinya kebakaran," kata Kapolres Bangka AKBP M. Budi Ariyanto di Sungailiat, Rabu.

Kondisi cuaca yang tidak menentu, lanjut dia, berpotensi adanya kebakaran hutan, baik yang disengaja dengan alasan membuka perkebunan maupun unsur ketidaksengajaan.

Kebakaran lahan di kawasan lintas timur Kecamatan Rinding Panjang, misalnya, meskipun tidak terlalu luas dan cepat dipadamkan apinya oleh personelnya, kejadian seperti ini diharapkan tidak terulang kembali.

"Saya minta seluruh masyarakat, terutama yang sering melakukan aktivitas di kawasan hutan, agar jangan membuang puntung rokok sembarangan, termasuk memperhatikan lingkungan jika membuka perkebunan," katanya.

Guna memaksimalkan tugas dan fungsi pokok Bhabinkamtibas, dia menerjunkan sebanyak 81 personel di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Bangka.

Kawasan hutan harus tetap dijaga kelestariannya secara bersama-sama, terutama masyarakat.

Ia meminta masyarakat jika mengetahui kebakaran hutan untuk segera menghubungi pihak pemadam kebarakan, personel Bhabinkamtimas terdekat, dan warga lainnya untuk segera melakukan pemadaman bersama.

"Koordinasi antarlembaga desa dan kelurahan serta Bhabinkamtibmas perlu dijaga guna terciptanya keamanan dan ketertiban di daerah ini," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018