Koba (Antaranews Babel) - Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyeleksi calon anggota Polisi Cilik untuk didik dan dibina menjadi generasi muda yang berkepribadian baik.

"Seleksi anggota polisi cilik tersebut kami lakukan melalui lomba polisi cilik tingkat sekolah dasar di daerah ini," kata Wakapolres Bangka Tengah, Kompol Effendi Sugianto di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, lomba polisi cilik diikuti sebanyak 19 regu dari 21 sekolah dasar di Kabupaten Bangka Tengah dan merupakan ajang untuk mencari bibit Polisi Cilik (Pocil) Polres Bangka Tengah.

"Dari ajang perlombaan tersebut sekaligus kami mencari bibit-bibit yang memiliki talenta dan bakat untuk direkrut menjadi polisi cilik Polres Bangka Tengah, karena selama ini polisi cilik Polres Bangka Tengah merupakan yang terbaik dibanding daerah lainnya," katanya.

Ia mengatakan, pembinaan terhadap Polisi Cilik dilakukan secara terorganisir dan membuka peluang untuk bisa menjadi anggota polisi karena mereka sudah memiliki bakat dan mempunyai talenta.

"Nanti pada akhirnya polisi cilik tersebut menjadi anggota pengibar bendera, kemudian berpeluang menjadi anggota polisi melalui jalur khusus yakni jalur talenta, minat dan bakat," katanya.

Ia menjelaskan, Polisi Cilik utusan dari sejumlah sekolah dasar tersebut merupakan binaan dari sekolah masing-masing dan tenaga pendidiknya berasal dari guru.

"Bakat mereka akan kami lihat melalui lomba polisi cilik, mereka yang memiliki talenta akan direkrut untuk menjadi polisi cilik Polres Bangka Tengah," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018