Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok cabai dan bawang mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

"Saat ini stok cabai merah, bawang merah dan putih cukup berlimpah dengan harga bertahan normal," kata Ketua Tim Jejaring Pangan Daerah Provinsi Kepulauan Babel Budiman Ginting di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan meski stok dan harga cabai dan bawang aman, namun pihaknya tetap mengintensifkan pengawasan di gudang distributor, pasar moderen dan tradisional sebagai mengantisipasi dini kenaikan harga karena permintaan masyarakat meningkat menjelang lebaran qurban.

"Diperkirakan permintaan cabai dan bawang sebagai bumbu masak daging kurban ini akan mengalami peningkatan signifikan. Oleh karena itu, diminta pedagang tidak menaikkan harga tinggi, karena stok bumbu masak itu cukup," katanya.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kepulauan Babel, Mashun mengatakan saat ini stok bawang merah 56 ton dan bawang putih 26 ton atau cukup hingga bulan depan.

Sementara itu stok cabai merah kriting berkisar 12 ton tersebar di tujuh gudang distributor dengan rincian H Awi tiga ton, Saikun dua ton, Suhadi dua ton.

"Saat ini stok mencukupi dan harga masih bertahan normal, karena pasokan dari daerah sentra produksi lancar," katanya.

Menurut dia saat ini harga cabai merah kriting dan biasa bertahan Rp36.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp50,000 dan cabai rawit hijau Rp25.000 per kilogram.

Harga bawang merah bertahan normal Rp30.000 per kilogram, bawang putih bertahan Rp26.000 per kilogram.

"Mudah-mudahan dengan stok yang cukup ini harga tetap stabil menjelang dan setelah Idul Adha nanti," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018