Koba (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan indeks pembangunan manusia (IPM) di daerah itu sudah melebihi angka rata-rata nasional.

"IPM Bangka Tengah mencapai 80 atau berada di atas rata-rata nasional sebesar 70,18 setelah dihitung dari beberapa indikator," katanya di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, IPM tersebut dihitung setelah melihat beberapa indikator? dan komponen di antaranya adalah angka harapan hidup saat lahir, pengeluaran per kapita, lama sekolah dan harapan lama sekolah.

"Terutama angka lama sekolah dan tingkat harapan hidup saat lahir sudah cukup tinggi, demikian juga pengeluaran per kapita," katanya.

Ia mengatakan, tingginya IPM Bangka Tengah dapat menjadi tolok ukur dari kemajuan suatu daerah dan tingkat kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat.

"Namun demikian, tentu kami tidak berpuas diri dan terus ditingkatkan atau minimal dipertahankan dan tentu membutuhkan dukungan berbagai pihak," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah dalam beberapa tahun ini sangat fokus menggenjot pembangunan manusia, ekonomi dan pendidikan.

"Tiga bidang itu sangat penting karena menyangkut dengan aset sumber daya manusia berkualitas dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018