Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang laut yang mencapai tiga meter di Selat Karimata pada Selasa (28/8).

"Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai, karena dapat membahayakan keselamatan," kata prakirawan kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang, Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Senin.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan Selatan Bangka 0,25 sampai 1,0 meter, di Utara Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Karimata mencapai sekitar 0,75 sampai 1,5 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Karimata dapat mencapai 3,0 meter," katanya.

Di sisi lain BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 8 sampai 38 kilometer per jam yang bergerak dari timur ke selatan.

Pada kesempatan itu BMKG mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang masih mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,21 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,16 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,76 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,60 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,52 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,47 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,25 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Omar Mukhtar.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Selasa diprakirakan cerah, cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir di beberapa wilayah terutama pada pagi sampai siang hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung terutama pada siang sampai sore dan dini hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat disertai petir berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan dan sekitarnya terutama pada pagi sampai siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 22 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018