Koba (Antaranews Babel) - Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk nominasi penerima penghargaan nasional Nirwasita Tantra KLH 2018.

"Kami sudah mendapat konfirmasi bahwa Kabupaten Bangka Tengah masuk nominasi, jika berhasil meraihnya maka ini penghargaan Nirwasita Tantra untuk pertama kalinya diraih daerah ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan di bidang administrasi lingkungan hidup dan penghargaan tertinggi di tingkat lingkungan hidup selain penghargaan Kalpataru bidang masyarakat dan penghargaan Adipura bidang lingkungan hidup.

"Tercatat sebanyak 11 kabupaten masuk nominasi, enam provinsi, 12 kota dengan total 29 provinsi/kota/kabupaten. Bangka Tengah sudah bisa dipastikan 90 persen meraih penghargaan tersebut," katanya.

Pihaknya diminta melakukan presentasi pada 3 September 2018 dan terdapat lima issu prioritas yang akan dipaparkan yaitu masalah tambang, lahan, bencana, pariwisata, dan kebakaran hutan.

"Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hanya Kabupaten Bangka Tengah yang masuk nominasi penerima Nirwasita Tantra 2018," katanya.

Ia mengatakan, jika penghargaan ini berhasil diraih maka mencatat sejarah sebagai daerah pertambangan bijih timah namun mampu meraih penghargaan tentang lingkungan.

"Tentu ini prestasi yang memiliki prestise, apalagi hanya Kabupaten Bangka Tengah yang masuk nominasi penerima penghargaan tersebut pada 2018," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018