Koba (Antaranews Babel) - Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar simulasi pengamanan Pilpres 2019.

Kabag Ops Polres Bangka Tengah, Kompol Sarwo Edi W di Koba, Jumat, menyebutkan simulasi pengamanan itu untuk melihat kesiapan personel dalam menghadapi konflik.

"Dalam simulasi ini kami melibatkan hampir seluruh personel dengan skenario membubarkan massa yang ingin berbuat anarkis dengan gas air mata," katanya.

Ia menjelaskan, simulasi ini sangat penting karena menggambarkan kejadian yang sebenarnya sehingga anggota benar-benar siap dalam situasi apapun di lapangan.

"Kalau melihat dari hasil simulasi, sudah memuaskan dan kami melihat anggota sudah tangkas dan sikap bertindak di lapangan membubarkan massa yang sudah mengarah melakukan tindakan anarkis," katanya.

Ia mengatakan, Polres Bangka Tengah sudah siap mengamankan pesta demokrasi Pilpres 2019, baik kesiapan personel maupun peralatan yang ada untuk kelancaran tugas anggota di lapangan.

"Pada prinsipnya kami dari pihak kepolisian menjalankan tupoksi sesuai dengan perintah, kami satu komando dan tentu harus sesuai prosedur yang ada," katanya.

Ia mengatakan, dalam melakukan pengamanan pihak kepolisian berkoordinasi dengan berbagai pihak dan pada intinya bagaimana situasi kamtibmas tidak terganggu.

"Konflik horizontal tentu harus kami antisipasi dan itu harus dihindari untuk menciptakan pemilu yang aman dan kondusif," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018