Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Wilayah Bangka Belitung yang berjudul "Cahaya di Kampung Nelayan" berhasil meraih Platinum dalam ajang Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA Award) 2018.

"Penghargaan yang diterima PLN Babel ini merupakan penghargaan tertinggi dalam ajang tersebut," kata Manajer KSA PLN Wilayah Bangka Belitung, Zufar di Pangkalpinang, Jumat.  

Program CSR PLN Wilayah Babel tersebut dianugerahi Platinum ISDA Award karena mampu membantu menyelesaikan permasalahan dasar komunitas nelayan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah dalam meningkatkan produktivitas melalui program strategis CSR berkelanjutan berbasis pemberdayaan.

"Program ini diawali dengan pembinaan komunitas melalui koperasi, kemudian secara bertahap dalam kurun waktu tiga tahun mampu mengurai permasalahan anggota satu demi satu, mulai dari persoalan jaring tangkap ikan, kapal pengangkut ransum dan ikan, serta sarana tranportasi pengangkut ikan dan es," ujarnya.

Selain Platinum, program CSR PLN Babel berjudul "Geliat Usaha Mandiri di Bawah Jalur Transmisi Namang" juga menyabet Silver ISDA Award dalam ajang penganugerahan yang digelar dua tahunan ini.

Program ini membantu masyarakat Desa Namang dalam mengelola dan mengembangkan lahan di daerah itu dengan mengoptimalkan fungsi UMKM, sehingga tercipta integrasi antara desa wisata dan produk unggulan desa.

"Kedua penghargaan ini kami syukuri sebagai bentuk apresiasi kepada PLN Babel yang secara konsisten melaksanakan praktik¿praktik program CSR berbasis pemberdayaan yang mengacu pada sustainable development goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan," katanya.

ISDA Awards merupakan penghargaan yang diberikan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) dan bersifat independen. Katagori terbagi dalam dua, yakni perorangan pelaku CSR dan perusahaan, baik itu swasta nasional, BUMN, maupun multinasional dari berbagai sektor, antara lain pertambangan, energi, industri dan manufaktur, pertanian dan agroindustri, jasa, perbankan dan telematika, konstruksi dan infrastruktur, serta industri media.

Selain itu, ajang ini juga diikuti oleh lembaga mitra perusahaan seperti yayasan, kontraktor, perguruan tinggi serta lembaga swadaya masyarakat.

Penganugerahan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh anggota komite CFCD Sugiharto didampingi oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro kepada Manajer Keuangan, SDM dan ADM (Manajer KSA) PLN Babel, Zufar di Hotel JS Luwansa, Jakarta Kamis (6/9).

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018