Sungailiat (Antaranews Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat, meminta sektor pariwisata di daerahnya dikembangkan secara maksimal guna memberikan konstribusi kesejahteraan masyarakat.

"Pengembangan sumber daya alam pada sektor ini perlu dikembangkan karena memberikan harapan cukup besar yang mampu memberikan konstribusi pedapatan dan kesejahteraan masyarakat," katanya di Sungailiat, Kamis.

Hanya saja, kata dia dalam memaksimalkan pengelolaannya perlu didukung semua pihak termasuk keterlibatan masyarakat di dalamnya.

Pengembangan pariwisata nasional diarahkan untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan mancanegara dan mendorong peningkatan wisata nusantara.

Ia mengatakan industri pariwisata juga harus diarahkan untuk meningkatkan partisipasi usaha lokal dalam industri pariwisata nasional serta meningkatkan keragaman dan daya saing produk atau jasa pariwisata nasional yang difokuskan setiap destinasi periwisata.

"Penguatan kelembagaan pariwisata yang diarahkan untuk membangun sumber daya manusia pariwisata serta organisasi kepariwisataan nasional," katanya.

Sebagaimana visi dan misinya, pariwisata Kabupaten Bangka yang berdaya saing dan berbasis masyarakat melalui pemanfaatan potensi alam serta pemuda yang berkarakter dan insan olahraga yang berprestasi dalam rangka menunjang bangsa yang bermartabat. Mewujudkan pariwisata Kabupaten Bangka yang berdaya saing dan berbasis masyarakat.

"wilayah Kabupaten Bangka juga memiliki potensi alam lainnya yang dapat diandalkan seperti sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan sektor alam lainnya yang dapat diperbaharui," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018