Sungailiat (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memplenokan Daftar Calon Tetap (DCT) peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di daerah itu.

"Ada 461 orang peserta yang ditetapkan sebagai DCT dari 15 partai politik di empat daerah pemilihan yang mengikuti Pileg 2019 ini," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Zulkarnain Alijuddin di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk program dan jadwal saat ini dilakukan penetapan DCT Pemilu 2019 secara serentak termasuk KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menetapkan calon untuk Pilpres 2019.

Menurut dia, penetapan peserta tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Bangka Nomor : 31/HK.03.1-Kpt/1901/KPU-Kab/IX/2018 tentang Penetapan Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka tahun 2019.

Berdasarkan undang-undang memberi kesempatan untuk proses sengketa pencalonan bagi peserta Pileg 2019.

"Jadi hukum masih memberi kesempatan peserta untuk upaya itu. Setelah ditetapkan DCT peserta pemilu sah mengikuti Pileg 2019," katanya.

KPU Kabupaten Bangka setelah penetapan DCT, mulai tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mulai bisa melakukan masa kampanye, untuk aturan kampanye peserta bisa menanyakan ke KPU Kabupaten Bangka.

Sementara, Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan, mengatakan, penetapan DCT berlangsung aman dan tenang diharapkan untuk proses selanjutnya berjalan lancar.

Pihaknya menyampaikan ke partai politik apabila ada keputusan KPU Kabupaten Bangka yang merugikan bisa menempuh sesuai mekanisme undang-undang.

"Kami memberi peluang pengajuan sengketa itu yang tata caranya sesuai dengan yang kami sampaikan beberapa waktu lalu," kata Corry.

Diharapkannya aturan yang belum diatur untuk masa kampanye secepatnya KPU Kabupaten Bangka mengeluarkan aturan tersebut, sehingga Bawaslu Kabupaten Bangka bisa melakukan tindakan apabila nanti terjadi persoalan yang belum diatur tersebut.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018