Sungailiat (Antaranews Babel) - Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mempersiapkan tim menerima pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dijadwalkan mulai hari Rabu tanggal 26 September 2018 hingga tanggal 10 Oktober 2018 secara "online".

"Pemerintah Kabupaten Bangka membuka sebanyak 250 formasi untuk tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis," kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bangka, Surtam di Sungailiat, Selasa.

Dikatakannya, pelaksanaan tes CPNS serentak seluruh Indonesia, namun kepastian dibukanya pendaftarannya itu tergantung kebijakan Badan Kepegawaian Nasional.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterima kesiapan di BKN sudah 90 persen.

"Pendaftaran murni melalui online dan tidak ada lagi pengiriman berkas tapi jika ada yang kurang jelas pendaftar dapat bertanya ke BKPP," katanya.

Dikatakannya, yang menerima pendaftaran sebenarnya tim di BKN sebab semuanya secara nasional sehingga kabupaten tidak ada intervensi sama sekali.

Pihaknya mengimbau kepada pelamar agar berhati-hati jangan terlalu terburu-buru dengan melihat prosedur yang ada di Sistem Seleksi Calon Pengawai Negeri Sipil Nasional.

"Semuanya ada di situ langkah-langkah apa yang harus dilakukan yang penting sekarang yang dipersiapkan adalah scan dokumen ijazah, transkrip nilai, kartu tanda penduduk dan pas foto, itu harus disiapkan semua sekarang, jadi ketika kita sudah mulai membuka portal pelamar tidak susah lagi," katanya.

Pihaknya tidak ada mengutamakan khusus putra daerah sebab siapa yang lulus itulah yang memenuhi kriteria, namun pelamar lokal didalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, IPK nya itu cukup 2,0 tetapi untuk yang dari luar IPK yang boleh mendaftar itu sebesar 2,75.

"Itu sudah disepakati se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, itu menunjukkan bahwa kita pro kepada putra daerah sehingga putra daerah yang memang IPK nya rendah juga bisa ikut melamar," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018