Sungailiat (Antaranews Babel) - Dinas Pertanian (Dipertan) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan layanan vaksin rabies gratis bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

Plt Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dispertan Kabupaten Bangka, Krisnaningsih di Sungailiat, Senin, mengatakan program layanan pemberian vaksin rabies gratis bertujuan untuk mencegah penyakit hepatitis dan rabies pada hewan peliharaan.

Teknis pemberiaan layanan vaksin rabies gratis, jelasnya masyarakat yang memilihi hewan peliharaan seperti, anjing, kuncing atau kera dapat langsung ke kantor Dispertan atau langsung ke pusat kesehatan hewan yang sudah tersedia di seluruh kecamatan.

"Pemberian vaksin rabies gratis merupakan program yang ketiga kalinya atau program tahunan yang dilakukan berkelanjutan dengan target sasaran mencapai 100 ekor hewan," terangnya.

Tercatat, sebutnya target itu sampai dengan saat ini sudah mencapai 80 ekor hewan yang mendapatkan pelayanan vaksin, dan pihaknya tetap akan memberikan pelayanan yang sama jika peminat masyarakat melapaui target.

"Kami akan memberikan pelayanan vaksin rabies meskipun nantinya target yang ditetapkan sudah tercapai," lanjutnya.

Dia mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap memperhatikan lingkungan hewan peliharaan dan menjaga kesehatan hewan dengan menjauhkan dari jangkauan hewan yang dicurigai terinfeksi rabies

"Saya mengingatkan agar masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan datang dari luar yang bisa saja terindikasi rabies," jelasnya.

Guna memaksimalkan program pemberian vaksin rabies, kata dia pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018