Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, menyosialisasikan kepemiluan bertajuk "Goes to School" kepada pelajar supaya turut serta menyukseskan Pemilu Umum 2019.

"Tahap awal ini tim mendatangi siswa/siswi Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Bangka," kata anggota Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bangka Siti Aminah di Sungailiat, Selasa.

Siti Aminah menjelaskan bahwa sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman kepemiluan kepada para pelajar yang telah memiliki hak pilih serta penjelasan tentang tahapan penyelenggaraan pemilu.

Menurut dia, pada Pemilu 2019, pemilih akan mendapatkan lima surat suara untuk memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

Siti berharap mereka ikut menyukseskan pesta demokrasi demi kemajuan daerah dan bangsa Indonesia.

"Perlu peran aktif dari masyarakat untuk mengetahui rekam jejak calon-calon yang akan dipilih," katanya.

Siswa/siswi pada acara tersebut mengikuti simulasi pemungutan suara. Ada di antara mereka sebagai anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), saksi, pengawas tempat pemilihan suara (TPS), dan pemilih.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN 1 Kabupaten Bangka Mega Kastiawan sangat mengapresiasi sosialisasi oleh KPU Kabupaten Bangka.

"Apalagi, siswa/siswi ini banyak sebagai pemilih pemula sehingga mereka paham dan mengerti soal pemilu," kata Mega.

Diimbau kepada siswa/siswi apa yang sudah didapat benar-benar dapat dipahami karena nanti tidak menutup kemungkinan ada yang menjadi anggota penyelenggara pemilu.

Siswa MAN 1 Bangka Hendra mengatakan bahwa dirinya mendapatkan gambaran serta arti pentingnya pelaksanaan Pemilu 2019.

Ia akan memilih berdasarkan program kerja yang mereka tawarkan pada saat kampanye.

"Pilihan sesuai dengan hati nurani, lalu program kerjanya sesuai tidak untuk masyarakat," kata Hendra.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018