Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2018 melalui sistem tes berbasis komputer (CAT).

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Karyadi Sahminan di Tanjung Pandan, Sabtu, mengatakan pelaksanaan tes CASN tersebut dilaksanakan hingga 12 November 2018.

"Untuk pelaksanaan ujian ini seluruhnya menggunakan sistem yang berbasis komputer dan hasilnya bisa dilihat pada saat itu juga," katanya.

Saat pelaksanaan tes, para peserta harus mengerjakan soal yang terbagi dalam tiga bidang seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakterteristik Kepribadian (TKP). Adapun penentu lulus tidaknya pelamar adalah berdasarkan nilai ambang batas yang telah ditentukan.

"Jadi untuk sesi pertama hasilnya bisa kita lihat karena semuanya menggunakan sistem `passing grade` baik TKP, TIU dan TWK. Jadi mereka bisa lihat sendiri," katanya.

Ia menambahkan pengamanan tes CASN di daerah itu juga mengacu kepada standar yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) guna memastikan agar pelaksanaan tes tersebut bersih dan berlajan lancar.

Pengamanan terdiri dari beberapa bagian demi menjaga strelisasi area pelaksanaan tes CASN tersebut. Bahkan beberapa aksesoris yang dipakai peserta juga harus dilepaskan.

"Kami lakukan pengamanan memang benar-benar harus `clean` dan "clear" jadi seperti jam tangan, cincin harus dilepas. Semuanya dicek daftar kehadirannya. Protapnya sudah standar dari BKN dan mereka juga ada pengawas," ujarnya.

Sementara Kasubbag Pengadaan BKPSDM Belitung, Irawan mengatakan pelaksanaan tes pada hari pertama tersebut terbagi ke dalam lima sesi.

"Satu hari ada lima sesi hingga sore nanti. Untuk jumlah dalam satu sesi ada 50 peserta. Kemudian kami gunakan sebanyak 54 unit komputer," katanya.

Dikatakannya sebelum memasuki ruang pelaksanaan tes peserta akan melewati proses pengecekan seperti verifikasi ijazah, kartu tes, KTP dan berkas lainnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018