Pangkalpinang (Antaranews Babel) - BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang memprakirakan hampir seluruh wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi hujan disertai petir pada Jumat (9/11).

"Hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang harus diwaspadai, terutama pada siang sampai malam hari," ujar prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Fauzia Rizki di Pangkalpinang, Kamis.

Secara umum cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Babel sepanjang Jumat cerah berawan dan berawan dengan potensi terjadi hujan lokal dan hujan ringan di sebagian besar wilayah terutama pada pagi, siang, malam dan dini hari.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 0 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 22 sampai 32 derajat Celsius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar 0,25 sampai 0,75 meter dan relatif normal.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, dan Selatan Bangka antara 0,25 sampai 0,5 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Fauzia.

Di sisi lain BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir Cumulonimbus yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung antara 8 hingga 28 KM per jam yang bergerak dari Barat ke Selatan, dari Barat Daya ke Selatan, dan dari Barat Daya ke Timur.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata masih di bawah dua meter, kecuali di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur yang mencapai 2,18 meter.

Pasang air laut di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,81 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,80 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,70 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,25 meter, di Membalong Kabupaten Belitung 1,21 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,13 meter.

Namun kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas, ujar Fauzia Rizki.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018