Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, pelaksanaan Festival Tanjung Kelayang (FTK) 2018 bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu pada akhir 2018.

"FTK merupakan agenda rutin nasional karena peluncuran acara ini kemarin di Kementerian Pariwisata. Ada beberapa peserta dari nasional yang juga ikut dengan tema budaya bahari," katanya di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, kegiatan Festival Tanjung Kelayang tersebut merupakan ajang yang bergengsi karena masuk dalam 100 "Calendar of Event" (COE) Wonderful Indonesia 2018 dan mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata.

Festival Tanjung Kelayang 2018 sekaligus untuk mempromosikan Tanjung Kelayang yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menjadi satu dari 100 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) di Indonesia.

Dikatakannya, pelaksanaan festival juga mendukung target kunjungan 20 wisatawan mancanegara ke Indonesia dan pergerakan 275 juta wisatawan nusantara di tanah air pada 2019.

"Dengan adanya berbagai ajang, saya harapkan kunjungan wisatawan meningkat, karena dari laporan kunjungan wisatawan memang sampai saat ini meningkat," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Hermanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di daerah itu.

Menurut dia ada beberapa momentum yang tepat dengan pelaksanaan FTK 2018 di akhir tahun di antaranya adalah dibukanya rute penerbangan internasional Singapura - Belitung.

"Kami ingin rebut beberapa momentum seperti perintisan penerbangan internasional, agar jadi memberikan efek dan gaung lebih baik pada saat menyambut pergantian tahun. Artinya Belitung sudah banyak yang bisa dijual pada liburan akhir tahun nanti," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018