Toboali, Babel (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer menggencarkan kampanye gerakan masyarakat sehat (Germas), dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 2018 di daerah itu.

"Gerakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang optimal," kata Justiar di Toboali, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

Menurut dia, salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan masyarakat adalah dengan cara merubah pola hidup tidak sehat menjadi pola hidup bersih dan sehat.

Untuk itu, sebuah inovasi berupa program germas yang dicetuskan pemerintah agar unsur pemangku kepentingan dapat berperan dalam pembangunan kesehatan secara merata.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa pembangunan kesehatan pada rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) III tahun 2015-2019 ini diarahkan pada akses pelayanan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas semakin mantap.

"Selain itu, upaya pelayanan sudah semestinya diprioritaskan pada upaya promotif preventif menuju masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan," katanya.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

Ia juga mengatakan Germas merupakan rangkaian kegiatan yang sistematis, masif dan berkelanjutan diharapkan dapat mempercepat dan mensinergikan dari upaya promotif promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk mengurangi beban masyarakat sebagaimana inpres nomor 1 tahun 2017.

"Peningkatan kesehatan masyarakat terkait dengan inpres nomor 1 tahun 2017 tentang Germas dengan membiasakan diri beraktifitas fisik secara teratur dan mengkonsumsi buah buahan serta rutin memeriksakan diri pada petugas maupun fasilitas kesehatan yang ada, " katanya.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018