Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan.

"Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, kami yakin dengan peningkatan pemahaman ke depan derajat kesehatan masyarakat akan terus meningkat," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Yunan Helmi di Muntok, Jumat.

Menurut dia, permasalahan kesehatan yang timbul saat ini sebagian besar dimulai dari pola hidup masyarakat yang tidak sehat yang dipengaruhi berbagai hal seperti tingginya konsumsi makanan yang mengandung gula, garam, lemak, minimnya konsumsi buah dan sayur.

Konsumsi yang tidak sesuai itu diperparah dengan kurangnya aktivitas fisik dan olahraga, hal ini yang menimbulkan meningkatnya gangguan kesehatan seseorang.

Untuk mengatasi permasalahan itu pemkab melalui Dinas Kesehatan berupaya terus menggencarkan kampanye Germas hinggga ke pelosok.

"Kami sudah melakukan beberapa kali kampanye, termasuk yang dilaksanakan hari ini di Lapangan Gelora Muntok untuk menigkatkan kesadaran, kemauan dan kemapuan hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang optimal," katanya.

Selain mengampanyekan Germas ke masyarakat, sejak 2017 pemkab telah mengeluarkan surat edaran Bupati Bangka Barat tentang Germas kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat.

"Kami berharap seluruh OPD dapat dijalankan gerakan Germas sesuai dengan tugas dan fungsi serta kewenangan masing-masing," kata Yunan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018