Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyusun rencana peningkatan aksesibilitas pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah itu. 

"Kami sedang rintis peningkatan akses untuk jalur transportasi laut. Kami mengusulkan infrastruktur pelabuhan di pulau-pulau kecil dan penyediaan kapal yang sesuai," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Hermanto di Tanjung Pandan, Sabtu. 

Menurut dia peningkatan aksesibilitas tersebut dilakukan agar wisatawan dengan mudah bisa menjangkau beberapa objek destinasi wisata di daerah itu. 

Ia menilai sejauh ini sarana prasarana transportasi pariwisata di daerah itu cukup baik. Seperti tersedianya moda transportasi darat untuk angkutan perjalanan wisatawan. 

"Kami mendapatkan pernyataan langsung dari beberapa wisatawan bahwa akses transportasi darat kita sudah cukup baik," ujarnya. 

Dalam waktu dekat, pemerintah berencana meningkatkan aksesibilitas transportasi darat melalui kerjasama dengan Perum Damri guna mendukung kepariwisataan Belitung. 

Program tersebut adalah "Numeric Tourism" berupa penyediaan moda transportasi angkutan darat sebagai angkutan wisatawan menuju destinasi wisata dan pembangunan "Hotel Bus" di wilayah Sijuk. 

"Kami akan menyiapkan lahan untuk pembangunan "Camper Site Bus". Bus tersebut digunakan untuk menginap dan bisa mengangkut wisatawan berkeliling ke beberapa destinasi wisata," katanya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018