Toboali, Babel (Antaranews Babel)  - Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat tiga penghargaan dari Kemendag RI karena beberapa pasar didaerah itu dikategorikan tertib ukur dalam melayani masyarakat.

Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer di Toboali, Minggu mengatakan penertiban alat ukur merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait agar masyarakat yang berbelanja tidak dirugikan secara timbangan.

"Penertiban semua Kemetrologian akan kita lakukan, tidak hanya metrologi di pasar rakyat saja melainkan metrologi yang lainnya agar masyarakat yang membeli tidak dirugikan karena berkurangnya timbangan. Apalagi mengurangi timbangan menurut agama kita kan dosa," katanya.

Rencananya kedepan Pemkab Bangka Selatan akan memasang tulisan pasar tertib ukur di pasar-pasar rakyat agar para pedagang dapat menyiapkan alat ukur yang sudah di tera oleh pihak dinas sehingga tidak merugikan pembeli.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Perdagangan Bangka Selatan, Muhammad mengatakan sangat bersyukur karena tiga pasar di daerah itu mendapatkan penghargaan tertib ukur dari Kemendag RI.

"Alhamdulillah, tiga pasar rakyat kita mendapatkan penghargaan pasar tertib ukur. Prestasi ini diperoleh lantaran pasar tersebut dinilai oleh pihak kementrian tertib ukur," katanya.

Ia berharap kedepan seluruh pasar di Bangka Selatan, khususnya para pedagang dapat tertib ukur terutama timbangannya, sehingga upaya masyarakat yang membeli tidak dirugikan.

"Selain pasar, saya harap usaha lainnya yang menggunakan alat ukur dapat tertib ukur juga. Kedepan kami akan terus melaksanakan penertiban dengan melakukan tera ulang alat ukur yang digunakan oleh pedagang," katanya.

Dari 190 Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, Kabupaten Bangka Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang menerima penghargaan tersebut dan meraih penghargaan terbanyak yakni dengan menyabet tiga penghargaan, sedangkan Kabupaten/kota lainnya hanya menerima satu penghargaan saja.

Adapun tiga pasar yang ada di daerah itu mendapatkan penghargaan tersebut, yakni Pasar Desa Delas, Pasar Desa Air Bara dan Pasar Rakyat Toboali.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018