Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Bintang Puspayoga mendorong warga binaan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Pangkalpinang menjadi wirausaha baru, guna meningkatkan produk hasil Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah itu.

"Warga binaan perempuan ini kita harap dapat menekuni ketrampilannya selama di Lapas sehingga keluarnya mereka dari sini dapat menjadi wirausaha baru yang mandiri," kata Bintang Puspayoga saat meninjau hasil produk warga binaan perempuan, di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, Dekranas terus berkoordinasi dengan Kementerian terkait pembinaan dan dukungan bagi pelaku UKM khususnya wirausaha baru agar terus berinovasi meningkatkan produksi dan membuat hasil produknya berdaya saing.

Melalui perjanjian kerjasama antar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dapat melahirkan wirausaha baru serta mendorong peningkatan produk UKM daerah.

"Semoga kerjasama yang telah disepakati dapat di implementasikan di lapangan dengan baik sehingga pata warga binaan siap menjadi wirausaha baru," ujarnya.

Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi mengatakan, perjanjian kerjasama yang di tandatangani adalah turunan dari MoU atau kerjasama yang telah dilakukan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dengan Kementerian Hukum dan HAM Babel. Dekranasda hanya menindaklanjuti apa yang sudah disepakati dari isi kerjasama tersebut.

"Bentuk kerjasama ini bukan hanya seremonial saja. Kita harap warga binaan yang ada di Lapas, baik laki-laki maupun perempuan mempunyai hak yang sama. Saya yakin ibu-ibu yang ada di Lapas ini, mempunyai talenta bisa bersaing dengan UKM yang ada di Luar Lapas," ujarnya.

Melati Erzaldi berharap kerjasama yang ada ditindaklanjuti dengan bentuk koperasi sehingga hasil dari kerajinan para watga binaan, baik itu batik, roti, kue-kue, kerajinan tangan berupa rajutan, dan lainnya, bisa dijual langsung ke luar, oleh Koperasi yang dibentuk.

"Saya harap pemberdayaan dan pelatihan ini, menjadi modal warga binaan perempuan menjadi pengusaha kecil menengah yang handal serta tangguh" ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018