Sungailiat, (Antara Babel) - Bupati Bangka, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmizi Saat meminta kepada wakil rakyat yang terpilih pada Pemilu Legislatif 2014, dapat bekerja sama dengan pihaknya membangun daerah setempat guna kepentingan masyarakat.

"Saya berharap para wakil rakyat terpilih ini nantinya dapat bekerja sama dengan eksekutif dalam rangka membangun daerah untuk kepentingan mensejahterakan masyarakat," katanya di Sungailiat, Selasa.

Menurut dia anggota legislatif mempunyai tugas yang penting dalam keterlibatannya membangun daerah seperti halnya membahas anggaran, mengesahkan peraturan daerah termasuk melakukan pengawasan yang optimal kerja eksekutif.

"Ketiga tugas pokok legislatif tersebut tentunya tidak dapat dipisahkan dengan kemampuan masing-masing anggota dalam  mengoptimalisasi peran wakil rakyat," katanya.

Peran kontrol yang dilakukan para anggota legislatif itu nantinya kata Bupati, menjadi alat pengendali bagi lembaga eksekutif dalam menjalankan tugas pelayanan masyarakat.

Begitu halnya dengan tugas legilator mengesahkan Raperda menjadi Perda kata dia, merupakan bagian kerja utama dalam karena hasil kerjanya tersebut akan menjadi payung hukum daerah dalam menentukan kebijakan eksekutif membangun daerah.

"Perda yang berhasil disahkan oleh lembaga legislatif dengan ketentuan tidak bertentangan dengan peraturan diatasnya, tentu menjadi dasar regulasi baik oleh pihak pemerintah dalam menentukan kebijakan maupun aturan bagi masyarakat," jelasnya.    
   
Tugas anggota legislatif lainnya menurut dia, adalah masalah pembahasan anggaran yang akan dipergunakan pemerintah daerah melalui masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sesuai dengan penggunaannya.

"Anggaran yang sudah disepakati oleh anggota legislatif akan dipergunakan SKPD guna kepentingan masyarakat, anggaran yang disepakati penggunaanya adalah khusus dana yang bersumber dari APBD," katanya.

Peran pemerintah daerah kata dia, hanya menjadi regulator dan menyiapkan anggaran untuk kepentingan bersama.

Dia menyatakan optimistisnya, lembaga eksekutif dapat berjalan sinergis dengan lembaga legislatif dalam membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014