Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Bank Tabungan Negara (BTN) cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menampilkan belasan produk hasil pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), di "Babel Fair" atau pameran pembangunan HUT ke-18 tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Di pameran ini sengaja kita menampilkan produk hasil UKM binaan kita seperti makanan khas daerah dan hasil kerajinan tangang guna mendorong pemasaran produk dan sebagai wujud BUMN hadir untuk negeri," kata Faras, Tim Rumah Kreatif BUMN, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, sejak dua tahun berjalan BTN membuka program kemitraan untuk masyarakat khususnya para pelaku UKM, guna mendorong kemajuan UKM di daerah.

Program kemitraan bagi para pelaku UKM di Babel dibuka sejak 2017. Ditahun pertama baru 40 lebih UKM yang menjadi binaan BTN, di tahun kedua 2018 ini lebih dari 80 pelaku UKM sudah menjadi binaan BTN.

Program yang diberikan untuk para UKM yakni membantu pemasaran produk UKM melalui rumah kreatif BUMN serta di beberapa event atau kegiatan pameran khusus UKM.

Selain itu BTN juga memberi kemudahan bagi para UKM atau mitra binaannya dakam permodalan usaha melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suki bunga hanya 7 persen pertahun dan 3 persen pertahun khusus UKM yang sudah menjadi binaan BTN.

"Banyak kemudahan yang kita berikan untuk para pelaku UKM, baik dari segi pemasaran produk hingga permodalan agar mereka terus berusaha mengembangkan produk usahanya," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018