Bangka Barat, (Antara Babel) - Jajaran Polisi Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku tertib berlalu lintas untuk menekan jumlah kecelakaan di jalan raya.

"Hari ini kami pasang sejumlah rambu-rambu lalu lintas di 12 titik di jalan raya yang dianggap berbahaya di Kecamatan Tempilang sebagai upaya menekan angka kecelakaan," kata Kepala Polres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui Kepala Polsek Tempilang Ipda Selamet Riyadi, Rabu.

Ia menjelaskan, kegaitan pemasangan sejumlah rambu lalu lintas tersebut dilakukan anggota Polsek Tempilang dipimpin langsung Kepala Polsek yang dimulai sejak Rabu pagi.

Menurutnya, tingginya kasus kecelakaan pengendara kendaraan bermotor di jalan raya di daerah itu dimungkinkan karena selama ini rambu peringatan masih minim.

"Rambu lalu lintas itu kami pasang di persimpangan jalan dan tempat-tempat yang dianggap rawan lainnya yang sering menjadi lokasi terjadinya kecelakaan," kata dia.

Kapolsek Tempilang menambahkan, selain melakukan pemasangan rambu lalu lintas di jalan raya, pihaknya juga tidak jarang melakukan sosialisasi akan pentingnya tertib berlalu lintas yang dilakukan di kelompok masyarakat maupun ke sekolah-sekolah.

"Kami harapkan berbagai upaya yang kami lakukan bisa dipahami masyarakat, terutama bagi mereka yang masih di bawah umum agar tidak mengendarai kendaraan sendiri karena kalangan ini termasuk paling rawan menjadi korban kecelakaan," kata dia.

Ia menegaskan, Polisi tidak akan segan-segan memberikan peringatan bagi pelanggar peraturan berlalu lintas.

"Kami harapkan para orang tua juga menyadari bahaya tersebut dan mereka merelakan waktu untuk mengantar jemput anak-anakya sekolah, untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan di kalangan bawah umur," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014