Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Harga cumi di tingkat pedagang pengumpul di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai Rp50 ribu per kilogram atau naik dari pekan lalu Rp35 ribu per kilogram.

"Karena hasil tangkapan nelayan memancing cumi berkurang akibat gelombang tinggi dan cuaca buruk," kata Tinie, salah pedagang ikan di pasar tradisional Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, dalam sepekan terakhir banyak nelayan tradisional yang tidak melaut karena gelombang tinggi disertai angin kencang yang membahayakan keselamatan nelayan di daerah itu.

Sebagian stok ikan yang ada di pasar tersebut merupakan pasokan dari para nelayan beberapa hari lalu yang memberanikan diri untuk turun melaut.

"Makanya harga sempat melambung tinggi kemarin karena pasokan berkurang," katanya.

Ia menyebutkan harga ikan kembung di jual Rp40.000 per kilogram, ikan banyir Rp40.000 per kilogram, ikan candang di jual Rp30.000 sampai Rp35.000 per kilogram, ikan singkur Rp35.000 per kilogram.

Kemudian ikan ekor kuning dijual Rp30.000 per kilogramnya, ikan tongkol Rp40.000 per kilogram dan udang laut Rp50.000 per kilogram.

"Rata-rata kenaikan sekitar Rp5000 sampai Rp.10.000 untuk masing-masing jenis ikan," ujarnya.

Ia berharap cuaca kembali normal sehingga para nelayan di daerah itu bisa kembali turun melaut sehingga pasokan ikan kembali normal.

"Karena ini musim barat dan setiap tahunnya seperti ini kami sudah terbiasa menyikapi," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018