Toboali, Babel (Antaranews Babel) - DPRD Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung pemerintah segera membentuk Badan Penanggualangan Daerah sebagai bentuk antisipasi terjadinya bencana alam di daerah itu.

"Memang siapapun tidak mengharapkan terjadinya bencana, akan tetapi kami rasa dengan adanya OPD penanggulangan bencana sangat penting sebagai bentuk antisipasi, untuk itu kami mendukung," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Samsul Bahri di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan pemda sudah pernah mengajukan pembentukan OPD baru, namun belum bisa terealisasi karena terbentur masalah anggaran.

"Tahun ini kami meminta eksekutif mengajukan kembali pembentukan OPD yang sangat penting, salah satunya BPBD, namun kami tetap melihat kekuatan anggaran daerah terlebih dahulu, " katanya.

Ia mengatakan selain mengajukan persiapan pembentukan OPD, pemda harus menyiapkan SDM yang baik sehingga OPD yang baru dapat berjalan optimal.

"Tidak hanya anggaran, SDM sangat penting agar OPD yang baru dibentuk dapat berfungsi optimal dalam mendukung pembangunan," katanya.

Menurut dia, OPD yang menangani bencana ini sangat penting, selain bisa membantu penanggulangan bencana di Bangka Selatan, mereka juga bisa ikut andil membantu daerah tetangga yang terkena bencana.

"Sekali lagi kita semua tidak mengharapkan terjadinya bencana, namun antisipasi penting dengan hadirnya BPBD selain bisa menanggulangi bencana di Basel, juga dapat ikut dalam misi kemanusiaan ke daerah lain yang terkena bencana," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019