Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga alam baik di darat, laut dan hutan.

"Saya mengingatkan seluruh masyarakat, agar alam di sekitar kita tetap dijaga kelestariannya," kata Ketua MUI Kabupaten Bangka Syaiful Zohri di Sungailiat, Kamis menyikapi musibah bencana alam yang terjadi dibeberapa tempat di Indonesia.

Musibah bencana alam yang terjadi, baik banjir, tsunami, mau pun tanah longsor, menurut Syaiful Zohri, merupakan bagian dari perubahan alam karena Allah SWT.

"Kalau dilihat dari segi agama, barangkali Allah SWT mengingatkan manusia agar alam yang diperuntukkan mahkluk hidup hendaknya jangan dirusak," katanya.

Ia mengatakan, Allah SWT memeringatkan manusia untuk menjaga alam dituangkan dalam sejumlah ayat di Alquran yang hukumnya wajib untuk dipercaya.

"Kita tidak tahu apakah musibah masih akan terjadi lagi di tahun 2019, semua Allah SWT yang mengaturnya. Kita semua hanya berharap agar selalu diberikan keselamatan dunia akhirat," kata Syaiful Zohri.

Dia mengajak masyarakat untuk mendoakan korban bencana baik bencana tsunami mau pun korban bencana tanah longsor agar yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan dan kesabaran, dan yang meninggal dunia diampuni dosa-dosanya.

"Musibah bencana alam, mengingatkan kita untuk lebih mendekatkan diri dengan Yang Maha Pencipta Alam semesta karena langit dan bumi beserta isinya hanyalah milik Allah SWT," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019