Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka pendaftaran seleksi jabatan tinggi pimpinan pratama Sekretaris Daerah guna mengisi kekosongan posisi jabatan tersebut.

"Kami buka pendaftaran mulai tanggal 3-17 Januari 2019 karena Sekda yang lama telah memasuki masa pensiun," kata Sekretaris BKPSDM Kabupaten Belitung, Saprin di Tanjung Pandan, Senin.
 
Menurut dia, seleksi terbuka jabatan tersebut mengacu kepada surat Menteri Dalam Negeri nomor : 800/8315/OTDA/ pada tanggal 17 Oktober 2018 tentang persetujuan pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Belitung.
 
Panitia seleksi memberikan kesempatan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk di dalamnya PNS pada Pemerintah Provinsi yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi terbuka tersebut.
 
"Kriterianya untuk jabatan yang sudah eselon dua rata-rata bisa mengikuti. Karena seleksi ini terbuka untuk seluruh wilayah yang ada di Provinsi Babel," katanya.
 
Ia menyebutkan, persyaratan peserta untuk mengikuti seleksi terbuka jabatan tersebut masih seperti persyaratan pada umumnya. Hanya saja, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon peserta.
 
"Persyaratan khususnya paling mereka telah lulus seleksi Diklatpim dua atau sekurang-kurangnya memiliki ijazah jenjang strata dua atau telah mengikuti Diklatpim tiga," ujarnya.
 
Ia mengatakan, tahapan pendaftaran dan seleksi terbuka tersebut diantaranya adalah pengumuman pendaftaran, penerimaan berkas seleksi administrasi, pemeriksaan "assesment" kompetensi manajerial, penelusuran rekam jejak peserta, penulisan makalah, wawancara akhir, dan pengumuman akhir.
 
Selanjutnya berupa penyampaian hasil dan rekomendasi kepada pembina kepegawaian atau Bupati Belitung. Kemudian Bupati memilih dan mengonsultasikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk penetapan dan pelantikan melalui Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
 
"Jadi untuk pelantikan Sekda dipastikan bulan Februari karena pelantikannya terpisah harus dilantik sendiri," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019