Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp30 milyar untuk pembangunan jalan di daerah itu.

"Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan memastikan jumlah proyek pembangunan jalan di Bangka akan meningkat di tahun 2019 ini," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangka, Chairil Anwar di Sungailiat, Selasa.

Dia mengatakan, peningkatan kegiatan tersebut banyak berasal dana dari APBD Bangka, sesuai pengajuan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka.

Menurut dia, peningkatan pembangunan jalan ini terjadi meskipun Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk cipta karya berkurang dari sebesar Rp35 miliar menjadi sebesar Rp19 miliar.

"Kenaikannya ada di APBD yang dialokasikan untuk peningkatan jalan hampir Rp30 miliar dengan total sekitar 65 paket kegiatan jalan, sedangkan dari dana bantuan (Daba) sebanyak 11 paket serta dari DAK ada tiga paket," katanya.

Ditambahkannya, tidak mengetahui secara pasti apa penyebab penurunan DAK dari tahun 2018 ini di Kabupaten Bangka, tetapi pihaknya optimis dengan anggaran yang ada pembangunan di Kabupaten Bangka dapat berjalan sesuai rencana walau pun harus dilaksanakan secara prioritas.

Proses pengajuan pengusulannya ke pusat selama ini sudah dilakukan sesuai aturan, seperti data lengkap rencana pembangunan daerah.

"Kami tidak bisa apa-apa semuanya kebijakan di pusat, rata-rata setiap daerah turun. Kalau di Pulau Bangka ini kayaknya yang besar di Kabupaten Bangka sebesar Rp19 miliar, yang lain di bawah itu angkanya, ada hanya dapat sebesar Rp15 miliar bahkan sebesar Rp11 miliar," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019