Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Kelurahan Srimenanti di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai Kampung Tertib Berlalu Lintas oleh Kepolisian Resort Kabupaten Bangka.

"Kelurahan Srimenanti dipilih karena dinilai minim terjadi kecelakaan serta masyarakatnya minim sebagai korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas)," kata Kapolres Bangka, AKBP Budi Ariyanto melalui Kasat Lantas Polres Bangka, AKP Diana Yaminiarty di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, dalam kegiatan penetapan kampung tertib lalu lintas ini aparat bersama masyarakat juga menyiapkan sarana, yakni balai kampung tertib berlalu lintas yang juga terdapat perpustakaan umum bagi masyarakat sekitar.

Menurut dia, berdasarkan data lakalantas daerah ini termasuk minim terjadi kecelakaan, dibanding daerah lainnya.

"Kelurahan Srimenanti juga didukung infrastruktur rambu-rambu lalu lintas, seperti zebracros dan berdasarkan data lakalantas, sehingga diusahakan semuanya menjadi tertib berlalu lintas," katanya.

Kampung tertib berlalu lintas ini dibentuk untuk mengajak masyarakat mempertahankan keberadaan yang sudah ada seperti minim terjadi kecelakaan, masyarakat korban kecelakaan dan tersedianya infrastruktur lalu lintas.

Pihaknya bersama pihak Kelurahan Srimenanti dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka akan bersama-sama mempelajari terkait kekurangan infrastruktur rambu-rambu lalu lintas yang belum ada di Srimenanti, supaya segera ditambah dan hal-hal lainya.

"Satlantas juga akan melaksanakan sosialisasi safety reading atau cara berkendara dengan aman, kepada masyarakat setiap kali ada pertemuan masyarakat di kelurahan dalam rangka memberikan pengertian tentang pentingnya tertib berlalu lintas," katanya.

Sementara, Lurah Srimenanti, Ramzi, mengatakan pihak Kelurahan Srimenanti menyambut baik ditetapkanya Kelurahan Srimenanti menjadi kampung tertib berlalu lintas.

"Hal tersebut tentunya akan berdampak baik bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas kedepan," kata Ramzi.

Ditambahkannya, sangat bersyukur melalui kegiatan ini dapat menambah kegiatan yang ada di kelurahan ini, seperti contohnya adanya balai tertib berlalu lintas untuk mengakomodir keperluaan warga yang ingin menyalurkan hobi membaca.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019