Koba, Babel (Antaranews Babel) - Seorang anak buah kapal (ABK) KLM Muara Nikmat, M Syaiful Bahri (35), ditemukan meninggal dunia tenggelam di kawasan Pelabuhan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung pada Jumat sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Kapolsek Sungaiselan, Iptu Mulya Sugiharto di Sungaiselan, Jumat, mengatakan korban sebelum meninggal dunia terpeleset di kawasan dermaga saat menutupi barang dagangan di dalam kapal dengan mengguna terpal.

"Korban diduga terpeleset karena saat itu situasi cuaca hujan gerimis, ABK yang lain mencoba untuk menyelamatkan korban namun sudah terlambat karena korban hilang tenggelam," ujarnya.

Setelah dilakukan pencarian yang dibantu warga sekitar, korban berhasil ditemukan sudah meninggal dunia kendati sempat dilarikan ke Puskesmas terdekat.

"Diketahui korban adalah warga Palembang, Sumatera Selatan dan pihak keluarga sudah dihubungi untuk proses pengiriman jenazah ke kampung halamannya," ujarnya.

Ia menyatakan, kasus tersebut merupakan kecelakaan pelayaran karena korban saat itu sedang beraktivitas di dalam kapal KLM Muara Nikmat yang merupakan kapal pengangkut barang yang sedang sandar di Pelabuhan Sungaiselan.

"Kami mengingatkan kepada pemilik kapal untuk memperhatikan keselamatan ABK, terutama menyediakan alat keselamatan ABK dan penumpang," ujarnya.

Ia meminta pihak perusahaan kapal memperhatikan SOP karena terkait dengan keselamatan manusia, apalagi kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini.

"Kejadian ini hendaknya menjadi pelajaran bagi pemilik kapal untuk mengutamakan keselamatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019