Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Sebanyak 125 tahanan yang menjadi warga binaan pemasyarakatan (WBP)Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti perekaman data kependudukan.

Perekaman data kependudukan bagi 125 orang WBP, kata Kepala Lapas Kelas II B Sungailiat, Faozul Ansori melalui Kasi Pembinaan Narapidana dan Kegiatan Kerja (Kasibinapigiatja) Al Ihsan di Sungailiat, Kamis, guna memastikan narapidana atau tahanan di lembaga pemasyarakatan bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019.

"Hak memilih bagi warga negara perlu mendapat perlindungan maksimal dari pemerintah. Perlindungan dimaksud meliputi jaminan dan kepastian bahwa warga negara berhak turut serta dan berperan aktif dalam pesta demokrasi karena suara mereka juga sangat berpengaruh bagi arah masa depan bangsa Indonesia," katanya.

Perekaman data kependudukan untuk membuat KTP-El itu disaksikan pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka, Ketua KPU dan Staf, Ketua Bawaslu dan Staf serta perwakilan dari Dukcapil provinsi serta pihak Polres Bangka.

"Perekaman data KTP-El di Lapas dan Rutan diselenggarakan secara serantak di seluruh Indonesia mulai tanggal 17 sampai 19 Januari 2019," ujarnya.

? ?Menurut dia, perekaman data yang sama sebelumnya pernah dilakukan baik WBP dari Kabupaten Bangka mau pun dari luar Kabupaten Bangka.

Tercatat 175 orang WBP yang masuk dalam DPT hasil verifikasi pihak KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka.

Pemilih bagi WBP sesuai yang ditetapkan pihak KPU dibagi beberapa kategori yakni, katagori data lengkap yang berdomisili di Kabupaten Bangka, kategori data lengkap yang domisili diluar Kabupaten Bangka, kategori data tidak lengkap domisili di Kabupaten Bangka dan kategori data tidak lengkap domisili di luar Kabupaten Bangka.

Kegiatan perekamanan data diikuti melalui aplikasi zoom atau teleconference yang dipusatkan di Lapas Narkotika Jakarta yang dihadiri langsung Menkumham, Mendagri, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Ombudsman.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019