Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri mengatakan persiapan pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden 2019 di daerah itu telah mencapai 80 persen.

"Persiapan sudah 80 persen. Begitu juga dengan logistik sudah ada di tempat kecuali surat suara dan formulir-formulir kelengkapan penghitungan dan rekapitulasi suara," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia sejauh ini tahapan persiapan pemilu 2019 di daerah itu sudah berjalan dengan lancar seperti penetapan peserta pemilu, penyusunan daerah pemilihan serta penetapan jumlah daftar pemilih tetap.

"Jumlah daftar pemilih tetap pemilu 2019 di Bangka Belitung adalah 932.569 pemilih dengan rincian laki laki sebanyak 475.784 pemilih dan perempuan sebanyak 456.785 pemilih," katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan pemilu 2019 di daerah itu nantinya akan melibatkan sebanyak 235 panitia pemilihan kecamatan kemudian sebanyak 26.603 anggota kelompok panitia pemungutan suara dan 1.173 jumlah tempat pemungutan suara yang tersebar di sejumlah wilayah.

"Untuk perekrutan anggota KPPS kami minta bantuan kepada pemerintah setempat. Karena khawatir ada yang tidak berkenan menjadi anggota KPPS sebab beranggapan pemilu tahun ini akan memakan waktu lama sampai malam" katanya.

KPU Babel juga menargetkan pelaksanaan tata kelola logistik pemilu  dengan baik seperti tidak ada kekurangan logistik, tidak ada keterlambatan logistik, tidak ada surat suara tertukar, tidak ada pengelola logistik yang terkena masalah hukum, dan efisiensi anggaran.

Selain itu, KPU Babel terus melakukan sosialisasi secara berjenjang kepada seluruh elemen masyarakat guna meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mendatang di daerah itu.

"Target partisipasi pemilih adalah 77,5 persen merupakan tangung jawab kita bersama. Kami telah melakukan beberapa sosialisasi misalnya, sosialisasi berbasis keluarga, sasaran pemilih pemula, KPU goes to campus and school, kemudian perekrutan relawan demokrasi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019