Tanjungpandan, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sejumlah program strategis untuk mendorong kemajuan usaha pelaku usaha mikro kecil dan menengah di daerah itu.

"Cukup banyak program-program kami di tahun 2019 bagi UMKM yang ada di Belitung," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung, Azhar di Tanjungpandan, Selasa.

Menurut dia program tersebut diantaranya adalah kegiatan promosi potensi daerah, pelatihan perencanaan usaha, pembinaan dan pendampingan usaha, sosialisasi IUMK, PIRT dan sertifikasi halal.

Kemudian program pelatihan kewirausahaan, Belitung Expo 2019, serta pameran perdagangan dan produk UMKM di daerah itu. 

"Tahun ini kami akan me"food court" sebagai sentra kuliner bagi produk UMKM di daerah itu seperti makanan tradisional dan pembangunan galeri mini UMKM di objek wisata sebagai sarana mempromosikan produk UMKM di daerah itu. 

Galeri mini UMKM itu nantinya dapat  dikunjungi oleh para wisatawan untuk membeli oleh-oleh produk dan kerajinan lokal masyarakat di daerah itu. 

"Rencana kami untuk setiap daerah kawasan wisata ada sentra mini produk UMKM sehingga bisa sebagai "stop point" bagi wisatawan yang ingin membeli souvenir dan produk dari potensi alam Belitung," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019