Sungailiat (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Liga Sepakbola Pelajar U-14 dan U-16 tahun 2019 di Lapangan Bola Bina Satria Sungailiat.

"Kami berharap dengan kegiatan ini bisa membawa prestasi atau hasil yang sangat memuaskan di bidang olahraga sepakbola kedepan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Asep Setiawan di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, Kabupaten Bangka harus bangkit dari ketertinggalan prestasi dari daerah lain, sehingga kondisi ini bisa memacu semangat para atlet olahraga.

Menurut dia, Liga Sepakbola Pelajar U-14 dan U-16 ini merupakan ajang seleksi bibit-bibit pemain berbakat di bidang olahraga sepakbola.

"Kami menyeleksi pemain dan dalam hal ini tim yang juara nantinya belum tentu untuk mewakili, tetapi person atau pemain yang terbaiklah yang akan kita pilih," katanya.

Ditambahkannya, kepada seluruh peserta Liga Sepakbola Pelajar bisa memahami instruksi dan arahan dari pelatih dan manajer serta bermain dengan sebaik mungkin pula selama pertandingan, karena selama pertandingan nantinya akan dipantau dan dinilai para pengamat, para penilai bakat serta pemandu bakat.

"Kami berpesan kepada para wasit juri bertugas seobjektif mungkin, sehingga bisa menghasilkan para atlet sepakbola yang terbaik," katanya.
 
Sementara, Ketua Pelaksana Liga Sepakbola Pelajar U-14 dan U-16 tingkat Kabupaten Bangka tahun 2019, Samsul Hadi, mengatakan kali ini liga diikuti sebanyak 22 tim sepakbola se-Kabupaten Bangka.

"Peserta yang mengikuti Liga Sepakbola Pelajar U-14 dan U-16 tingkat Kabupaten Bangka 2019 ini, seluruhnya berjumlah 22 tim yang terdiri dari tim U-14 berjumlah 11 tim dan U-16 berjumlah 11 tim," kata Samsul Hadi.

Ditambahkannya, kegiatan Liga Sepakbola Pelajar U-14 dan U-16 tingkat Kabupaten Bangka berlangsung mulai tanggal 11 Februari 2019 dan berakhir pada tanggal 23 Februari 2019, bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang sepakbola, meningkatkan kesehatan jasmani, menciptakan kondisi kompetitif yang sehat, melatih sifat sportivitas dan tanggungjawab serta mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sepakbola.

Dasar pelaksanaan kegiatan adalah Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Olahraga Nasional, petunjuk teknis Liga Sepakbola Pelajar tingkat Kabupaten Bangka 2019 dan Surat Keputusan Kepala Dinas Parawisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka nomor : 188.45/163/DINPARPORA/2019 tanggal 23 Januari 2019 tentang pembentukan panitia pelaksana, wasit juri, paramedis, pemandu bakat dan tenaga lapangan kegiatan Liga Pendidikan Indonesia melalui Liga Sepakbola Pelajar (LSP) tingkat Kabupaten Bangka 2019.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019