Koba, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun rumah galeri untuk memajangkan produk gaharu.

"Galeri itu bisa saja dibangun di bandara karena ini bagian dari daya tarik wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, produk yang akan dipajangkan di galeri tersebut merupakan produk kreatif  dari para UMKM yang bahan bakunya dari gaharu.

"Usulan masyarakat membangun galeri ini sangat bagus, tentu segera kami tindak lanjuti karena Bangka Tengah sudah ditetapkan sebagai Kabupaten kluster gaharu nasional," ujarnya.

Ibnu Saleh mengatakan, perkebunan gaharu di Bangka Tengah sudah cukup luas namun masih diperlukan peningkatan kualitas produksi, kepastian harga dan pasar.

"Terutama pola inokulasi karena ini penting untuk memperbaiki gubal gaharu. Harga juga masih belum sesuai harapan, namun harga bisa naik kalau kualitas gaharu sangat bagus," ujarnya.

Sementara Suprapto, seorang petani gaharu di Koba mengatakan produk gaharu memiliki nilai ekonomis jika produksinya banyak dan kualitasnya bagus.

"Kalau pasar tidak menjadi persoalan, kalau kualitas gaharu bagus maka pemasarannya mudah dan bahkan langsung pembeli yang datang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019