Toboali, Bangka Selatan (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Justiar Noer meminta seluruh CPNSD didaerah itu menjadi abdi masyarakat dan harus mempunyai tekad bekerja dengan ihklas, bersih dan berwibawa serta menjunjung tinggi kejujuran kebenaran serta keadilan dalam menjalankan tugas.

"PNS adalah pelayan masyarakat, maka kita harus bisa menempatkan diri sebagai pelayan atau abdi masyarakat yang baik. Harapan besar masyarakat adalah saudara-saudara akan menjadi PNS yang bersih, kompeten dan melayani," kata Justiar usai menyerahkan SK kepada 203 orang CPNSD, di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan setiap CPNSD yang ada di Bangka Selatan harus benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab serta mengedepankan kewajiban dan bukan dengan banyak menuntut hak.

"Terapkan nilai-nilai budaya kerja aparatur, pelihara selalu integritas dan wibawa sebagai seorang PNS, tingkatkan motivasi dan etos kerja, serta tingkatkan kualitas moral dan keimanan. Saudara-saudara dituntut untuk mengedepankan profesionalisme, kedisiplinan dedikasi dan loyalitas terhadap pemerintah daerah," katanya.

Menurut dia, CPNS wajib menjalani masa percobaan sebelum diangkat menjadi PNS. Masa percobaan sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun, untuk itu selama masa percobaan harus benar bekerja dengan sebaik baiknya.

Selain itu, CPNSD juga akan mendapatkan proses pendidikan dan pelatihan dasar untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

"Setelah mengikuti dan lulus diklat dasar, akan dievaluasi dari segi kecakapan, sikap budi pekerti maupun persyaratan kesehatan. Jika dipandang cakap dan semua persyaratan telah dipenuhi maka baru dapat diangkat menjadi PNS. Namun apabila yang terjadi sebaliknya maka ada kemungkinan tidak dapat diangkat atau bahkan bisa diberhentikan sebagai CPNS," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019