Koba (Antara Babel) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung menyatakan pemberangkatan jamaah umroh ke tanah suci Makkah masih ditangani pihak biro perjalanan atau travel.

"Walau  sudah ada seksi yang membidangi haji dan umroh di Kemenag namun kami baru mengurus calon jamaah haji, sementara umroh belum," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kantor Kemenag Bangka Tengah Eydi Wijaya di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, memang sudah ada rencana bahwa Kemenag juga akan menangani pemberangkatan calon jamaah umroh, namun sampai sekarang belum terealisasi.

"Sampai sekarang masih ditangani pihak biro perjalanan umroh, kalau ditanya data jumlah calon jamaah umroh tentu kami tidak tahu persis karena semuanya diserahkan ke travel," katanya.

Ia menjelaskan, di Bangka Tengah kalau tidak salah ada satu biro perjalanan umroh yang sering memberangkatkan jamaah umroh ke tanah suci Makkah.

"Biro perjalan umroh ini tentu berbadan hukum resmi karena mereka bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan ibadah umroh di tanah suci," ujarnya.

Ia berharap calon jamaah umroh bisa diurus pihak Kementerian Agama yang bekerja sama dengan biro perjalanan umroh karena sudah ada bidang yang menangani hal itu.

"Kami inginnya Kemenag tidak hanya mengurus calon jamaah haji saja, tetapi juga calon jamaah umroh yang jumlahnya terus bertambah setiap tahun," ujarnya.

Menurut dia, sedikitnya kuota yang diberikan Kementerian Agama terhadap jumlah calon jamaah haji asal Bangka Belitung membuat masyarakat memilih umroh.

"Pada 2014 ini hanya 61 calon jamaah haji asal Kabupaten Bangka Tengah, itu sudah termasuk mereka yang belum bisa berangkat pada 2013," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014