Toboali (Antaranews Babel) - Kemendes mengucurkan dana segar sebesar Rp. 10,7 milyar guna membangun infrastruktur yang ada di Desa Air Gegas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah pada 2019 ini, Kabupaten Bangka Selatan mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kemendes dengan total anggaran mencapai Rp. 10,7 Milyar," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupatem Bangka Selatan, Benny Supratama melalui Kabid Pemdes, Verry Mukmin di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan dari total anggaran tersebut pemerintah akan memberikan bantuan pengolah pasca panen hasil pertanian dan mesin pengolah lada putih sebesar Rp. 500 juta, Pembangunan Kios sebesar Rp.200juta dan Pembangunan Embung desa Sebesar Rp.800juta.

Tidak hanya itu rencananya pemerintah juga akan membangun sarana dan prasarana air bersih senilai Rp. 450 juta,  unit usaha berbasis komunitas untuk bumdesma berupa alat senilai Rp. 50 juta dan pembangunan jalan hotmix desa sebesar Rp. 8,6 milyar.

"Anggaran yang dialokasikan oleh Kemendes ini rencananya akan dilaksanakan di Desa Air Gegas, karena desa tersebut masuk sebagai kawasan perdesaan yang menjadi Kawasan Pembangunan Prioritas Nasional (KPPN) lada putih di Kabupaten Bangka Selatan," katanya.

Ia mengatakan hasil dokumen pembangunan kawasan perdesaan yang telah disusun oleh tim Institut Pertanian Bogor (IPB) yang bekerjasama dengan Kementerian Desa PDTT ini diterima langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer, Rabu (20/2) di Grand Mercure Harmoni, Jakarta.

"Bantuan ini diperoleh berkat kerjasama dari berbagai OPD, seperti Bapedda Basel, DSPPPAPMD melaui Bidang PMD dan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Basel dalam rangka untuk mencapai visi dan misi Bupati Bangka Selatan yakni maju, sejahtera dan berdaya saing," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019