Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui dinas terkait mengajak seluruh pemerintah desa untuk berkomitmen membangun pariwisata di wilayahnya masing-masing.

"Saya mengajak seluruh pemerintah desa untuk bersama-sama berkomitmen membangun sektor pariwisata yang kita miliki," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Asep Setiawan di Sungailiat, Jumat.

Diakuinya, komitmen ini diperlukan karena diketahui wilayah desa memiliki potensi budaya yang belum semuanya dikembangkan dengan maksimal.

"Keanekaragaman budaya yang dimiliki masing - masing desa, dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik dalam negeri maupun wisatawan mancanegara," jelasnya.

Dia mengimbau seluruh pemerintah desa untuk bersama-sama mewujudkan misi gerbang kota menuju pariwisata dunia selama lima tahun kedepan," katanya.

Selain mendorong pemerintah desa memaksimalkan budaya kata dia, pihaknya juga melakukan berbagai program baik pada tingkat nasional maupun internasional untuk menarik wisatawan sebanyak - banyaknya.

"Kami mengangendakan keguatan berstandar nasional dan internasional seperti "sport tourism" diantaranya Sungailiat Triathlon dan Lintas Timur Sungailiat Trail Run, Wonderfool Sail dan lainya," katanya.

Sedangkan untuk  event berstandar lokal, seperti,  trasidi Mandi Belimau, Rebo Kasan, 1 Muharam, Sembayang Rebut dan kegiatan budaya lainnya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019