Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Soni Kurniawan mengatakan surat suara pemilu 2019 untuk daerah itu dalam proses pengiriman dan akan diterima dalam waktu dekat.

"Kami sudah mendapatkan estimasi kedatangannya baik dari pihak ekspedisi dan perusahaan. Koordinasi terakhir surat suara sudah dikirim menuju pelabuhan Tanjung Priok dari Makasar," katanya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia KPU Belitung beserta jajaran KPU tujuh Kabupaten dan Kota di daerah itu telah meninjau pencetakan surat suara oleh pihak pemenang pengadaan surat suara yakni PT Adi Perkasa di Makasar Sulawesi Selatan.

"Selama kunjungan kami kemarin sudah kami pastikan kesiapan terhadap lima surat suara untuk kebutuhan sesuai dengan alokasi dan kami mendapatkan estimasi kedatangan surat suara," katanya.

Setibanya surat suara tersebut, kata dia, KPU Belitung akan segera melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara guna mengetahui kondisinya apakah jumlahnya kurang dan ada yang dalam kondisi rusak.

"Mengingat waktu yang ada kami membutuhkan konsentrasi khusus penanganan surat suara. Mulai dari penerimaan, penyortiran, pelipatan, ditiga proses ini akan terdeteksi kekurangan atau surat suara rusak yang harus kami sampaikan," katanya.

Ia optimis surat suara akan tiba di daerah dalam waktu dekat dan tidak mengalami keterlambatan sehingga proses pelipatan dan penyortiran dapat segera dilakukan.

"Kami optimis tiba tepat waktu. Mudah-mudahan tidak ada keterlambatan. Makanya nanti kami pastikan lagi untuk waktu kedatangan surat suara," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019