Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat yang ada di daerah itu untuk membayar dan melaporkan pajak atas penghasilan yang dimiliki kepada negara.

"Partisipasi warga negara dalam setiap aktifitas kehidupan salah satunya adalah membayar pajak untuk menunjang pembiayaan negara. Peranan pajak sebagai sumber utama pembiayaan negara dan daerah dalam APBN dan APBD, semakin besar dari tahun ke tahun," kata Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer saat menghadiri Pekan Panutan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi di Tobaoli, Rabu.

Menurut dia dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pajak merupakan penerimaan negara terbesar, lebih dari 80% pendapatan negara bersumber dari pajak.

Oleh karena itu, dengan berpartisipasi membayar pajak ikut bahu membahu bersama pemerintah dalam membangun bangsa dalam membangun negara.

Disamping itu, melalui kerjasama dengan KPP Pratama Bangka atau KP2KP Toboali pemerintah akan terus memfasilitasi agar penerimaan pajak negara terkumpul dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan sosialisasi kepada para bendaharawan di lingkungan Pemkab Basel ataupun wajib pajak usahawan lainnya.

"Saya sangat mengharapkan partisiasi aktif seluruh masyarakat Basel, untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar dan melapor pajak, baik secara pribadi maupun sebagai pimpinan lembaga atau instansi vertikal, serta seluruh jajaran Pemkab Basel," katanya.

Kepala KPP Pratama Bangka Edwin Warganingrat Mulia mengatakan, kegiatan di Basel ini merupakan rangkaian akhir acara penyerahan SPT tahunan yang sebelumnya diselenggarakan di Sungailiat, Koba, Muntok dan terakhir di Basel.

"Pajak sekarang memang sudah luar biasa peranannya dalam APBN, sudah sewajarnya semua harus mensukseskan peneriman pajak agar dapat dicapai," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019