Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap melaksanakan 12 agenda olahraga di 2019 ini dengan melibatkan atlet lokal dan nasional di daerah.

"Ada 12 agenda olahraga yang akan kita gelar tahun ini dan lokasi terjauh pertarungannya di Papua," kata Kepala Dispora Babel, Suharto, di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, terdapat dua ajang olahraga yang akan digelar di Papua, yakni Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan Pekan Paralimpic Pelajar Nasional IX. Pelaksanaan dua event olahraga ini akan berlangsung pada September dan November 2019.

Selain itu masih banyak ajang olahraga lainnya seperti Liga Sepakbola Pelajaran (LSP), yang akan dimulai tanggal 18 sampai 23 Maret di Kabupaten Bangka Selatan. Sedangkan di bulan selanjutnya, tanggal 1 sampai 6 April ada kejurda pelajar.

Kejurda pelajar akan digelar di Pangkalpinang pada 25 hingga 30 April. Ada kejurnas atletik antar PPLP/PPLPD/SKO di Kabupaten Bangka Tengah, sementara 27 hingga 30 April ada kejuaraan Evergreen Intercontinental (EGIC) XII di GOR Sahabuddin Pangkalpinang.

"Selama bulan Mei tidak ada agenda olahraga, namun kegiatan olahraga kembali digelar tanggal 24 hingga 25 Juni. Kegiatan yang mengambil tempat di Tanjung Pandan Belitung ini merupakan seleksi kegiatan invitasi olahraga tradisional," ujarnya.

Suharto menambahkan, setelah itu 1 sampai 6 April ada kejurnas voli pasir antara PPLP/PPLPD/SKO. Rencananya kegiatan ini juga digelar di Tanjung Pandan, Belitung. Untuk kegiatan training camp liga sepakbola pelajar akan digelar di Pangkalpinang.

Dan di bulan yang sama, Diskepora Babel mengirim atlet untuk ikut liga sepakbola pelajar di Banten dan Solo. Sebelum berangkat ikut POPNAS di Papua, atlet akan menjalani training camp di Pangkalpinang.

"Selanjutnya di bulan Oktober, Diskepora Bangka Belitung melakukan pengiriman tim untuk ikut kegiatan invitasi olahraga tradisional. Kita berharap masyarakat luas mengetahui sejumlah agenda olahraga tersebut," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019