Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar seminar internasional dan webminar untuk meningkatkan pemahaman tenaga medis tentang Interventional Pain Management, sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di daerah itu.

"Kami berharap kegiatan ini, tenaga medis mendapatkan pendampingan untuk memperkuat pelayanan melalui intervensi nyeri," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan diwakili Kepala Dinkes Provinsi Kepulauan Babel Mulyono saat membuka seminar internasional dan webminar di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan kegiatan seminar internasional dan webminar di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Desa Air Anyir diikuti 100 orang tenaga medis se-Provinsi Kepulauan Babel, untuk memberikan pemahaman tentang Interventional Pain Management para tenaga medis di daerah itu.

"Kami meminta peserta seminar untuk dapat memahami sekaligus berdiskusi mengenai penanganan kasus-kasus nyeri," ujarnya.

Menurut dia selama ini kasus nyeri menjadi suatu masalah, sehingga perlu peningkatan sumber daya manusia tenaga medis dalam menangani kasus tersebut.

"Kita selalu berupaya mencari solusi untuk kasus-kasus permasalahan nyeri dan diharapkan seluruh dokter spesialis yang hadir dapat menyerap dan bisa meningkatkan ilmu pengetahuan," katanya.

Kegiatan Seminar Internasional dan Webminar tentang Interventional Pain Management ini menghadirkan empat narasumber, diantaranya An. Liong Liem, MD, Ph.D, FIPP (Maastricht University Medical Centre, Netherlands) "Invasive Procedures in Oncological Pain".

Selanjutnya, Willy Halim, MD, Ph.D, FIPP (Anestesiology FK Unibraw Malang, Pain Practician in Netherland) "Minimally Invasive Therapy For Neck Pain and Headaches", dr. Said Shofwan, Sp.An, FIPM, FIPP (RS Islam Sultan Agung, Semarang) "Introduction of Interventional Pain Management (IPM) for Chronic Pain", dr. Wignyo Santosa, Sp.An, KIC, FIPM (RS Islam Sultan Agung, Semarang) "Interventional Pain Management (IPM) for Musculoskeletal Pain".

Seminar Internasional dan Webminar tentang Interventional Pain Management yang dimulai pukul 13.00 WIB hingga 14.30 WIB juga dapat dilihat secara live (video streaming) dan bisa di akses seluruh dunia. Link yang bisa digunakan  https://attendee.gotowebinar.com/register/3242120438670944779.  ***3***

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019