Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan pada tahun 2019 mendapatkan kucuran dana segar dari Pemprov Babel sebesar Rp2,9 miliar untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di daerah itu.

"Dari Rp2,9 miliar yang akan diterima oleh Pemkab Basel ini rencananya akan dikucurkan ke 29 desa dengan masing masing desa mendapatkan Rp100 juta," kata Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAPMD) Basel Suprayitno melalui Kabid PMD Dinas Sosial Verry Mukmin di Toboali, Senin.

Ia mengatakan bantuan yang diterima ini rencananya akan diperuntukkan untuk mengembangkan usaha BUMDes melalui program 'Berkah Mart'. Adapun tujuan utama diberikan bantuan keuangan tersebut adalah untuk mendorong pemerataan dan perkembangan wilayah dengan membuka akses hasil produksi perdesaan.

Selain itu hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat perdesaan serta mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat desa dan dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) setempat.

Ia berharap masing masing BUMDes yang mendapatkan bantuan tersebut dapat menjaga transparansi dan mengoptimalkan prinsip swakelola,  gotongroyong, swadaya, partisifatif dan akuntabel serta berkelanjutan guna membuat usaha desa tersebut berkembang.

"Kami berharap kedepan BUMDes yang telah berdiri dapat berkontribusi menjadi motor penggerak perekonomian desa yang berimbas pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019