Pihak Kepolisian Sektor Bakam, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan penyuluhan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kapolsek Bakam, Ipda Sianturi di Bakam, Selasa mengatakan, kegiatan yang baru petama kali ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara masyarakat dengan pihak kepolisian termasuk aparatur desa melalui peran aktif Bhabinkamtimbmas untuk menjaga dan meningkatkan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Kegiatan penyuluhan Kamtibmas diikuti oleh seluruh kepala desa di kecamatan itu, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), Limas, Satpol PP dan sejumlah warga di Kecamatan Bakam.

"Bhabinkamtimbmas mempunyai peran penting dalam melakukan pembinaan bagi masyarakat di wilayah kerjanya sesuai dengan rumusan tugas pokoknya," Jelasnya.

Dikatakan, tugas pokok Bhabinkamtimbmas melakukan pembinaan masyarakat , deteksi dini dan mediasi atau negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa atau kelurahan.


"Dalam rangka menjalankan tugas itu, personel Bhabinkamtibmas harus kegiatan mengunjungi dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah penugasannya, melakukan dan membantu pemecahan masalah," katanya.

Selain itu pula kata dia, Bhabinkamtibmas harus melakukan pengaturan dan pengamanan kegiatan masyarakat, menerima informasi tentang terjadinya tindak pidana, memberikan perlindungan sementara kepada warga masyarakat yang menjadi korban kejahatan dan pelanggaran.

"Peran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat, harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat ditingkat masyarakat terkecil yakni kelurahan atau desa, mampu mendengar lebih jelas tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat," katanya.

Selain tugas yang harus dikerjakannya, kata dia, Bhabinkamtibmas memiliki fungsi yang cukup banyak dan harus dikerjakan termasuk membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

"Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat sampai dengan melaksanakan konsultasi , mediasi, negosiasi, fasilitasi, motivasi kepada masyarakat dalam membantu memecahkan masalah kejahatan dan sosial," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019